FK3I LAMPUNG PERINGATI HARI AIR SEDUNIA

FK3I LAMPUNG PERINGATI HARI AIR SEDUNIA
Oleh : Oben. S.Hut.
Dokumentasi FK3I

Hari air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 maret pada setiap tahunnya, menjadikan momen yang sangat penting demi mengingat pentingnya air bagi kehidupan manusia. Hari Air Sedunia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. 

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro Brasil.

Air merupakan Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan. Tidak hanya penting bagi manusia air juga bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan.
Oleh karena itu Kegiatan yang dilakukan Forum komunikasi Kader konservasi Lampung yaitu pendidikan lingkungan ke siswa sekolah dasar tentang pemahaman pentingnya air bagi kehidupan.  Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 22 Maret 2014 di Sekolah Dasar Negeri 2 Desa Pinang Jaya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, Sekolah yang dipilih merupakan sekolah yang sangat dekat dengan kawasan Hutan Konservasi Gunung Betung TAHURA Wan Abdurahman.  kita ketahui bahwa TAHURA berfungsi sebagai tempat koleksi tumbuhan dan satwa liar dan menjadi daerah tangkapan air bagi kota Bandar Lampung.

Pendidikan Lingkungan ini diikuti sekitar 60 siswa-siswi sekolah dasar yang tergabung dari kelas tiga sampai dengan kelas enam. Cara yang dilakukan yaitu memberikan materi yang disampaikan berupa pemutaran Video yang bertemakan perjuangan air yang sangat bersusah payah sampai bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Disamping itu pula FK3I Melakukan Penanaman pohon cemara di lingkungan sekolah sebagai pohon peneduh dn menembah nilai keindahan.

Kegiatan ini tak kurang melibatkan sebanyak dua puluh orang kader konservasi yang tergabung dari seluruh pencinta alam dan kelompok profesi di Provinsi Lampung semua kader ambil bagian dari pendidikan konservasi ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan pendidikan konservasi  siswa-siswi sekolah Dasar bisa pahan dan terbentuknya karakter mereka sedini mungkin agar kepedulian mereka terhadap lingkungan lebih baik lagi, terutama dalam memanfaatkan air.


ARTIKEL TERKAIT: