PERINGATAN HARI BUMI 2014

FK3I mengikuti kegiatan tanam 1000 mangrove 
Himasylva Unila di Pantai Ringgung. 
Oleh: Oben, S.Hut
Hari Bumi 2014 merupakan agenda tahunan yang pas dimanfaatkan  untuk menghijaukan bumi. Salah    satunya yaitu dengan menanam mangrove. Karena mangrove merupakan tanaman berkayu yang baik dalam menyimpan karbon. Kita ketahui Semakin banyak karbon di bumi ini makan akan semakin panas suhu yang kita rasakan biasa di sebut efek rumah kaca.

Bersama dengan Himasylva, FK3I Lampung, Lembaga kemahasiswaan, dan masyarakat menanam sebanyak 1000 bibit mangrove di pesisir pantai Ringgung kecamatan padang cermin kabupaten Pasawaran. Jenis mangrove yang di tanam adalah jenis bakau atau Rizopora maculata yang merupakan pohon mangrove yang bersifat mayor. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 150 orang.

Dilihat dari fungsinya Mangrove yang biasanya berada di daerah muara sungai atau estuarin sehingga merupakan daerah tujuan akhir dari partikel-partikel organik ataupun endapan lumpur yang terbawa dari daerah hulu akibat adanya erosi. Dengan demikian, daerah mangrove merupakan daerah yang subur, baik daratannya maupun perairannya, karena selalu terjadi transportasi nutrien akibat adanya pasang surut.

Kemudian dilihat dari fungsi fisiknya mangrove dapat menjaga kondisi pantai agar tetap stabil, melindungi tebing pantai dan tebing sungai, mencegah terjadinya abrasi dan intrusi air laut, serta sebagai perangkap zat pencemar. Semoga dengan menanam mangrove ini keseimbangan alam tetap terjaga.


ARTIKEL TERKAIT: