Penyebab Terjadinya Erosi


Proses Terjadinya Erosi

Ada dua penyebab utama terjadinya erosi adalah :

1. Erosi karena sebab alamiah dan erosi karena aktivitas manusia. erosi alamiah dapat terjadi karena proses pembentukan tanah dan proses erosi yang terjadi untuk mempertahankan keseimbangan tanah secara alami. Erosi karena factor alamiah umumnya masih memberikan media yang memadai untuk berlangsungnya pertumbuhan kebanyakan tanaman. 

2. Sedang erosi karena kegiatan manusia kebanyakan disebabkan oleh terkelupasnya lapisan tanah bagian atas akibat cara bercocok tanam yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah konservasi tanah atau kegiatan pembangunan yang bersifat merusak keadaan fisik tanah, antara lain, pembuatan jalan di daerah dengan kemiringan lereng besar.

Proses erosi terdiri atas tiga bagian yang berurutan : pengelupasan (detachment), pengangkutan (transportation), dan pengendapan (sedimentation). Dalam uraian ini, erosi permukaan (tanah) yang akan dibicarakan adalah yang disebabkan oleh air hujan. Selain disebabkan oleh air hujan, erosi juga dapat terjadi karena tenaga angin dan salju. 

Sumber : Bahan Kuliah Hidrologi Hutan catatan. 


 Semoga Bermanfaat

           Oben, S. Hut

ARTIKEL TERKAIT: